Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga

Posted: Januari 10, 2011 in umum

PHBS di Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. PHBS di Rumah Tangga dilakukan untuk mencapai Rumah Tangga ber PHBS yang melakukan 10 PHBS yaitu :

1.Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan

Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, disini tentu saja termasuk paraji (dukun bayi) yang sudah diberikan pelatihan dan bersertifikat. Sekarang hampir disetiap desa sudah ada “bidan desa” yang ditempatkan oleh pemerintah.

2. Memberi ASI eksklusif

Pemberian ASI Eksklusif selama enam bulan. ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna, karena selain kandungan gisi sempurna, juga mengandung “anti-body” suatu senyawa untuk melawan antigen atau penyakit infeksi. Senyawa ini berasal dari darah Ibu.

3. Menimbang balita setiap bulan

Penimbangan balita tiap bulan, hasilnya dimasukkan kedalam Kartu Menuju Sehat, akan sangat jelas menunjukkan perkembangan anak, status ini juga akan mengingatkan kapan harus dilakukan imunisasi.

4. Menggunakan air bersih

Air bersih tidak berwarna dan tidak berbau, kita perlu melakukan test di laboratorium kalo sangsi dengan kualitas air bersih kita.Konotasi air bersih disini bukan berarti bisa diminum, karena air yang untuk di minum harus bebas bakteri Coli

5. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun

Mencuci tangan (dengan air bersih) dengan sabun akan menghindarkan dari    penyakit-penyakit akibat kuman yang menempel di tangan. Suatu keharusan dalam mencuci tangan adalah sebelum makan dan sesudah buang air besar, setelah memegang barang kotor, sebelum menyajikan makanan. Setelah korek-korek kuping ,mulut,hidung dll.

6. Menggunakan jamban sehat

Yang kita kenal dengan jamban sehat adalah model leher angsa, model ini menghindari kemungkinan kontak antara tinja dengan lalat. Pada leher angsa ini terisi air, hingga bau tinja juga tidak bias keluar.

7. Memberantas jentik di rumah sekali seminggu

Kenapa kita harus membrantas jentik sekali seminggu, karena sejak telor nyamuk menetas sampai menjadi nyamuk dewasa memerlukan waktu antara 10-15 hari. Jadi kalau kita dua minggu baru memberantas jentik maka sudah terlambat.

8. Makan buah dan sayur setiap hari

Buah dan sayur kita sudah bahas karena mengandung vitamin, serat,protein, karbohidrat,lemak dan anti-oksidan yang sangat penting untuk tibuh kita. Kandungannya bervariasi,maka bermacam-macam buah dan sayur sangat perlu.

9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari

Aktivitas fisik, banyak yang dapat kita lakukan seperti misalnya menyapu,berjalankaki,ngepel,lari-lari kecil sampai olah raga seperi badminton, (fitness)  dll. Untuk umur lanjt harus disesuaikan “dosis” aktivitas fisik ini, kalau perlu konsultasikan dengan dokter anda.

10. Tidak merokok di dalam rumah

Merokok jelas tidak baik, kalau bias merokok dihentikan, namun disini baru dibatasi untuk tidak merokok di dalam rumah. Asap rokok dikamar akan dihisp oleh semua penghuni rumah dan sama bahkan lebih berbahaya karena mereka sebagai “perokok pasif” lebih sensitive.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s